RSS

Sekilas tentang Bot Irc

IRC Bot adalah serangkaian scrip atau sebuah program yang berjalan sendiri untuk melaksanakan berbagai fungsi pada sebuah ruang channel Internet Relay Chat (IRC) .


Bila IRC Bot diberikan akses sebagai oprator di sebuah channel, maka secara automatis IRC Bot akan menjalankan beberapa tugas-tugas tertentu sesuai dengan tugas yang diperintahkan oleh sipemiliknya, dan tugas tersebut akan secara rutin dilaksanakan secara automatis.


Biasanya tugas utama bot yang memiliki akses oprator di sebuah channel adalah, menjaga kondisi channel agar terbebas dari berbagai tindakan-tindakan chatters yang dilarang untuk dilakukan disebuah channel tersebut, misalnya seperti flood, berkata tidak senonoh (badword), melakukan invite terhadap chatters lain, ataupun melakukan clone.

Fungsi IRC Bot Sering juga digunakan sebagai pencatat berbagai moment-moment tertentu disebuah channel, misalnya membuat list user yang berkunjung ke sebuah channel, bahkan dapat difungsikan sebagai counter untuk menghitung jumlah pengunjung pada channel tersebut.

Selain itu IRC Bot juga sering dijadikan sebagai sumber informasi zodiak, juga sebagai mesin tebak-tebakan (scramble) yang memberikan pertanyaan secara berkala didalam sebuah channel.

Di sebuah channel, IRC Bot akan kelihatan sama seperti manusia biasa , namun IRC Bot akan senantiasa aktif sampai batas waktu yang ditentukan oleh pemiliknya, dan oleh sebab itu IRC Bot juga sering dimanfaatkan untuk memenuhi sebuah channel agar channel itu kelihatan ramai dikunjungi oleh chatters namun sebaliknya ternyata IRC Botlah yang paling banyak disana dibandingkan jumlah chatters yang asli.

IRC Bot dapat dijalankan dari sebuah shell acount dengan memanfaatkan jasa layanan sebuah shell provider yang khusus memfasilitasi pembelian shell acount.

Sejauh ini beberapa IRC Bot yang paling populer adalah Eggdrop, EnergyMech, Infobot, blootbot, and Supybot.


sumber : http://www.muntilandalnet.co.cc/2009/05/sekilas-tentang-bot-irc.html

1 komentar:

Test mengatakan...

oi om fahrul
ni gw badil..
fb lo ga nemu gw..
add gw http://facebook.com/fadli.tn

website : http://fadli-tn.info
forum : http://cyberatorium.org

Posting Komentar