RSS

Hati-hati dengan Nokia N95 8Gb BM, itu Palsu!



Beberapa hari kemaren aku tertarik dengan iklan di Jawa Pos yang menjual Nokia N95 8GB dengan harga sangat murah yakni 2,8 juta padahal aslinya kalo beli di toko bergaransi resmi harganya sekitar 5 jutaan. Karna melihat harga yang sangat miring, aku pun mencoba nawar 2,5 jt melalui SMS dan sama penjualnya langsung diIYAkan dengan alasan lagi butuh uang cepat.
Akhirnya sepakat ketemu di Plaza Surabaya, akhirnya Nokia N95 Gb ditunjukkan ke aku. Awalnya tidak ada yang beda dengan handphone Nokia aslinya, tapi setelah lama pegang… aku jadi ragu-ragu karna tampilan icon-icon di layar kok kurang proporsional… terlalu renggang antara satu icon dengan icon yang lainnya.

Terus CD bawaan juga tidak ada, dan yang paling meragukan adalah bentuk fisik baterainya yang kasar sekali, jauh sekali dengan baterai original dari nokia.
Terakhir… label nomor IMEI di bagian belakang juga kelihatan kasar, kelihatan sekali bedanya dengan yang asli. Dan dilabelnya juga tidak ada tulisan “IMEI” langsung ditulis nomor IMEI, padahal setauku setiap ada nomor IMEI pasti ada tulisan “IMEI” didepan nomor IMEI.
Dan kata penjualnya, nomor IMEI gak usah dilihat angka depannya cukup 5 digit terakhir aja… apa benar ????
Untuk bentuk fisik luar, dilihat sekilas sangat bagus sekali! Warnanya hitam doff dengan model dual sliding. Sliding ke bawah untuk keypad dan sliding ke atas tuk tombol shortcut music. Untuk bentuk fisik luar, aku akui akan mampu menipu mata kita karna persis sekali dengan aslinya.
Dari pengalaman itu, aku ikutan monitoring FJB khusus yang jual N95 8Gb BM. Hasilnya ternyata rata-rata yang dijual BM tadi bukan barang kapal/selundupan (buatan asli Finland tapi masuk secara illegal) yang tidak melalui bea cukai melainkan handphone PALSU buatan China! So… yang bikin bukan pabrik asli di Finland melainkan Made in China, sehingga operating systemnya (OS) pun gak memakai Symbian, tapi memakai OS gak jelas… makanya kelihatan sekali di icon-iconnya ada jarak yang cukup lebar.
Berikut ini tanda-tanda yang ditemukan di Nokia N95 8Gb PALSU:
  • Tampilan icon-icon gak proporsional
  • Bentuk baterainya gak meyakinkan
  • Curigai penulisan nomor IMEI-nya di cassing belakang
  • Curigai jika tidak ada CD Softwarenya
  • Cek dengan *#06* kalo IMEI muncul dilayar atas berarti PALSU
  • Gak bisa dipake 3G, GPS, WIFI
  • Ada slot memorinya, yang asli gak ada karna udah tertanam memori 8 Gb

0 komentar:

Posting Komentar